Suplemen Nutrisi Hamil & Menyusui

Suplemen terbaik dari UNIHEALTH untuk nutrisi ibu hamil dan menyusui

 

Kehamilan merupakan fase yang luar biasa dialami tiap wanita. Segalanya tentu akan kita berikan agar si jabang bayi sehat dan dapat dilahirkan tanpa masalah. Karena itulah gizi ibu hamil harus selalu diprioritaskan asupan yang bergizi selama kehamilan. Bahkan tidak jarang ditambahkan dengan suplemen lain yang dipercaya bisa membuat bayi sehat.

Makanan untuk ibu hamil dan menyusui harus bergizi, karena ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan kalsium, zat besi, protein dan vitamin yang lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak sedang hamil dan menyusui. Dan zat-zat gizi itu sangat dibutuhkan untuk perkembangan jabang bayi dan juga baik untuk kesehatan si ibu sendiri. Sebagai contoh, jika dalam makanan untuk ibu hamil dan menyusui kekurangan kalsium, maka anak akan mengambil kalsium dari tulang ibunya.

Selama hamil, kebutuhan wanita akan vitamin dan mineral ikut meningkat demi menunjang pertumbuhan janin. Risiko terjadinya cacat bawaan atau komplikasi yang terjadi di masa kehamilan, seperti diabetes gestasional, hipertensi, dan eklamsia atau pre eklamsia, akan meningkat jika kebutuhan nutrisi dan vitamin tidak cukup terpenuhi.

ketika asupan antioksidan terbatas maka radikal bebas dapat menyebar di peredaran darah ibu maupun di plasenta yang bisa berdampak pada efek buruk kehamilan.

Ibu menyusui juga membutuhkan lebih banyak energi, protein dan nutrisi lainnya. Kekurangan vitamin dan mineral pada ibu menyusui dapat mempengaruhi kualitas ASI . Jika menu makanan sehari–hari tidak mencukupi, asupan dari suplemen dapat membantu.

 

FAKTA NYATA!

  • Asam folat penting untuk mencegah cacat bawaan pada tabung saraf, seperti spina bifida yang terjadi pada masa–masa awal kehamilan. Asam folat juga berperan dalam pembentukan sel–sel darah merah dan penguraian protein di dalam tubuh.
  • Kalsium dibutuhkan pada saat hamil dan menyusui. Jika kebutuhan ini tidak tercukupi, kesehatan ibu dan bayi dapat terganggu karena hilangnya kalsium dari simpanan tulang ibu, berkurangnya mineral tulang pada bayi, serta berkurangnya kandungan kalsium dalam ASI.
  • Kebutuhan zat besi mengalami peningkatan selama kehamilan Zat besi membantu pengangkutan oksigen dalam darah ibu dan bayi. Konsumsi zat besi bersamaan dengan vitamin C akan meningkatkan penyerapan zat besi didalam tubuh.
  • Iodine dibutuhkan untuk perkembangan normal bayi pada saat kehamilan dan menyusui.
  • Kekurangan vitamin D dampak berdampak pada risiko preeklamsia, kelahiran dengan berat badan rendah, tulang bayi yang rapuh serta meningkatknya penyakit autoimun.
  • Biji anggur merupakan antioksidan dari bahan alam yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Likopen yang secara alami terdapat pada tomat juga memilki aktivitas antioksidan.

Berikut solusi terbaik dari Herbal alami terbaik dari Produk UNIHEALTH dari SOHO nutrisi dan vitamin untuk ibu hamil dan menyusui 

    • Harga Legres Rp 166.000 ,- isi 30 kapsul untuk konsumsi 10 hari .
    • Komposisi ekstrak biji anggur ( leucoselect phytosome) dan lycopene ( tomat)
    • sudah terdaftar di POM SD 021301541
    • Aturan pakai 3 kali sehari , 1 kapsul sesudah makan
    • Legres kombinasi 2 antioksidan dari ekstrak biji anggur ( leucoselect phytosome) dan lycopene ( tomat) efektif dalam menjaga kesehtaan jantung , paru dan prostat.
    • Harga Pureway – C UNIHEALTH Rp 143.000,- isi 30 kaplet salut selaput untuk konsumsi 30 hari
    • Aturan pakai 1 kaplet / hari sesudah makan
    • terdaftar di BPOM dengan no POM SD 121543341
    • Mengandung Vitamin C+Citrus Bioflavonoid extract 25%
    • Vitamin C-Lipid metabolistes yang terkandung didalam PUREWAY-C adalah jenis vitamin C generasi terbaru yang dapat membantu proses penyembuhan luka dan perlindungan lebih baik, lebih cepat diserap dan bertahan lama didalam tubuh.
    • Harga SALMON OIL UNIHEALTH  Rp 149.000,- kemasan 30 SOFTGEL , untuk konsumsi 5-10 hari
    • Harga SALMON OIL UNIHEALTH  Rp 375.000,- kemasan 90 SOFTGEL , untuk konsumsi 15-30 hari
    • terdaftar di BPOM dengan no POM SI 114302471
    • Aturan pakai : 1-2 kapsul , 3 kali  sehari  sesudah makan , bagi yang memiliki riwayat jantung , konsumsi 3-4 sofgel per hari untuk menjaga kesehatan otak dan jantung Anda.

     

 

Selain itu ibu hamil dan menyusui juga membutuhkan persiapan yang prima , Berikut beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh wanita hamil dan menyusui agar bayi yang lahir dan dibesarkannya bisa menjadi anak yang memiliki kesehatan yang prima.

  • Berusaha Menjaga Perkembangan Kesehatan Janin: Penuhi cakupan gizi anda sebagai wanita hamil. Mulalilah memperhatikan detail asupan gizi anda karena masa kehamilan memerlukan suplay gizi yang cukup supaya perkembangan janinnormal, dan berarti itu anda tidak boleh egois hanya mementingkan diri sendiri, mulailah juga memikirkan nutrisi yang baik bagi perkembangan janin buah hati anda.
  • Berusaha Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Aura Positif: Menikmati hari-hari dengan indah dan bahagia selama kehamilan berlangsung. Bunda harus menyadari bahwa saat ini Anda adalah wanita yang istimewa karena sebentar lagi akan ada yang memanggil Anda dengan sebutan “Bunda”. Tentu anda akan merasa lebih bahagia jika membayangkan hal tersebut, harapanya dengan perasaan bahagia akan membawa aura positif pada diri anda sehingga atmosfir lingkungan akan jadi lebih baik. Tak lupa Bunda juga harus menjaga daya tahan tubuh agar tetap menjaga daya tahan jabang bayi dan Ibunda.
  • Berusaha Menjaga Tenaga Untuk Persiapan Persalinan: Rajin berolahraga. Olah raga yang dilakukan oleh seorang ibu hamil akan sangat berpengaruh pada kesehatan jantung janin dan dapat membantu melancarkan proses persalinan. Untuk itu disarankan untuk ibu hamil melakukan olah raga ringan untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Apabila anda berada ditempat kerja cobalah untuk melakukan olahraga kecil supaya peredaran darah lancar dan tentunya supaya suplay oksigen ke bagian tubuh lain tercukupi termasuk ke janin. Selain itu, madu juga bisa menambah suplemen tenaga Ibu Hamil agar tetap terjaga.
  • Menjaga Sistem Pencernaan Pasca Hamil untuk persiapan Nifas (Masa Menyusui) : Pasca melahirkan, biasanya ibu merasa lapar sehingga diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan. Pemulihan nafsu makan diperlukan waktu 3–4 hari sebelum faal usus kembali normal. Meskipun kadar progesteron menurun setelah melahirkan, asupan makanan juga mengalami penurunan selama satu atau dua hari.  Wanita mungkin kelaparan dan mulai makan satu atau dua jam setelah melahirkan. Kecuali ada komplikasi kelahiran, tidak ada alasan untuk menunda pemberian makan pada wanita pasca partum yang sehat lebih lama dari waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengkajian awal.
  • Berusaha Mendorong Faktor-Faktor yang Memperlancar ASI: Bila kebutuhan energi wanita usia reproduksi sebesar 2100 kcal/hari, seorang ibu menyusui memerlukan asupan rata rata 2700 kcal/hari. Tambahan sebesar 500-700 kcal diperlukan untuk keperluan biosintesis ASI. Ekstra energi tersebut pun tidak semuanya harus didapatkan dari intake makanan yang dikonsumsi setiap hari. 200 kcal telah tersedia di tubuh ibu berupa cadangan deposit yang telah dibentuk sejak dimulainya proses kehamilan. Sisa 300-500 kcal/hari yang diharapkan diperoleh dari intake makanan keseharian sang ibu.
  • Meningkatkan Produksi ASI: sebaiknya ibu sudah mengkonsumsi sayuran hijau, kacang – kacangan, susu, makanan bergizi lainnya, dan minum sedikitnya 8 gelas sehari, sejak bayi masih dalam kandungan sampai bayi lahir, juga meminum suplemen seperti madu untuk meningkatkan produksi ASI.

 

Juga harus memperhatikan Makanan yang Bernutrisi seperti  yang kami rekomendasikan dibawah ini : 

Untuk mencukupi kebutuhan ibu dan bayi, beberapa makanan berikut bisa dijadikan pilihan ideal bagi para ibu menyusui.

  • Gandum utuh dan nasi merah.

Kebutuhan karbohidrat yang bisa didapat dari nasi dan roti tentu saja wajib dipenuhi. Agar tidak semata-mata karbohidrat saja yang masuk, sesekali gantilah menu ini dengan makanan berbahan gandum utuh yang lebih kaya serat.

Makanan jenis ini juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi ibu dan bayi karena kaya akan asam folat. Selain gandum utuh, nasi merah bisa dijadikan alternatif karena mampu menyediakan kalori untuk produksi ASI berkualitas tinggi.

  • Telur dan ikan.

Cukupi kebutuhan protein makanan ibu menyusui dengan daging dan telur. Telur mengandung vitamin D yang berperan sebagai pembentuk tulang bayi. Pilihlah telur yang diperkaya DHA untuk mendapatkan kandungan asam lemak esensial yang lebih tinggi.

Dapatkan juga protein melalui konsumsi ikan, sedikitnya dua porsi seminggu. Pilihlah ikan yang kaya akan DHA, seperti salmon. DHA sendiri selain bagus untuk perkembangan sistem syaraf bayi, juga berperan mengurangi stres pasca melahirkan bagi sang ibu.

  • Buah dan sayuran.

Buah dan sayuran memiliki aneka mikronutrisi yang berperan penting dalam perkembangan ibu dan anak. Serat dalam kandungan buah dan sayuran sangat baik bagi sistem pencernaan ibu menyusui. Konstipasi sebagai keluhan paling umum setelah melahirkan bisa diatasi dengan konsumsi buah dan sayuran yang cukup. Pastikan buah dan sayuran yang Anda konsumsi bebas dari pestisida.

Tingkat Kecukupan Nutrisi yang Wajib Diketahui

Kebutuhan gizi ibu menyusui berbeda dengan wanita yang tidak menyusui. Maka Tingkat nutrisi yang dibutuhkan tentu saja juga berbeda. Sebagai gambaran secara umum, berikut ini adalah beberapa hal yang penting untuk diketahui.

  • Kalori

Secara umum, ibu menyusui membutuhkan 500 kalori lebih banyak dari wanita yang tidak menyusui. Namun, daripada menghitung jumlah kalori, lebih baik berpatokan saja kepada rasa lapar yang sering menyapa Anda.

Penghitungan kalori bisa berbeda pada tiap individu karena kebutuhan makanan ibu menyusui sangat dipengaruhi oleh beraneka faktor dari kondisi ibu menyusui sendiri. Tiap ibu menyusui perlu memerhatikan banyaknya aktivitas, metabolisme tubuh, dan frekuensi menyusui.

  • Vitamin dan mineral

Selama menyusui, suatu hal yang normal jika dibutuhkan vitamin dan mineral yang lebih banyak daripada biasanya. Hal ini dilakukan demi mencukupi kebutuhan ibu dan bayinya sekaligus. Usahakan kebutuhan mineral dan vitamin ini tercukupi agar ibu dan bayi dapat tumbuh optimal.

Untuk mendapatkannya, pastikan makanan ibu menyusui yang dikonsumsi bervariasi, seimbang, dan alami. Energi yang dihasilkan makanan alami bisa bertahan lebih lama dalam tubuh daripada makanan berbahan sintesis. Makanan yang bervariasi juga dapat memperkaya gizi air susu, sekaligus membiasakan bayi saat sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI.

  • Cairan tubuh

Pastikan kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi. Minumlah secara teratur tanpa harus menunggu rasa haus terlebih dahulu. Jika warna urine Anda kuning pekat, tambahkan porsi air minum Anda.

Meski jumlah asupan minum air tidak memengaruhi suplai ASI untuk bayi Anda, namun upaya mencukupi cairan sangat penting pada masa menyusui. Harap diingat bahwa saat Anda menyusui, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang akan mempercepat munculnya rasa haus.

Waspadai Makanan Ini karena Harus Dihindari

Ibu menyusui juga harus memerhatikan sebagian zat makanan yang berpotensi mengganggu kesehatan ibu dan anak. Beberapa di antaranya yang harus dihindari adalah:

  • Minuman Keras

Zat alkohol di dalam minuman keras akan turut dikonsumsi bayi melalui air susu ibu. Meski diperbolehkan hingga batasan tertentu, menghindari sepenuhnya akan menjadi tindakan yang bijaksana. Zat alkohol dari sekaleng bir mampu bertahan di dalam tubuh sekitar 2-3 jam. Artinya, Anda berisiko menyalurkan zat alkohol kepada bayi melalui proses menyusui pada masa-masa tersebut.

  • Kafein

Konsumsi kafein berlebihan juga sangat tidak disarankan selama Anda menyusui. Jangan mengonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi dalam sehari. Tingginya kandungan kafein di dalam air susu dapat mengganggu sistem pencernaan bayi. Kafein juga terkandung dalam coklat, minuman ringan, kopi dan teh.

  • Ikan yang terpapar merkuri

Meski ikan kaya akan protein, hindari sebagian ikan yang berisiko telah terkontaminasi oleh merkuri. Beberapa jenis ikan yang terpapar oleh merkuri adalah hiu, makarel, todak, dan kakap.

Selain makanan, hal yang juga perlu dihindari adalah kebiasaan merokok. Merokok di sekitar bayi bisa meningkatkan risikonya untuk mengalami beberapa kondisi seperti asma, pneumonia, bronkitis dan infeksi telinga. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat mengurangi kuantitas ASI yang diproduksi.

 

Apa Saja Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Banyak ibu muda yang masih bingung dengan makanan apa saja yang harus mereka konsumsi selama masa kehamilannya dan saat menyusui anaknya nanti, apalagi selama masa kehamilan nutrisi untuk pertumbuhan janin harus tercukupi, begitu pula ketika masa menyusui yang juga tak kalah pentingnya buat seorang ibu untuk tetap mengoptimalkan asupan nutrisinya untuk mendapatkan kwalitas ASI yang baik demi buah hatinya. lalu makanan seperti apa saja yang bisa di konsumsi oleh para ibu hamil dan menyusui ? Ketika anda sedang dalam masa menyusui bayi anda, paling sedikit anda membutuhkan sekitar 500 kalori setiap harinya, tentunya harus lebih banyak dari asupan kalori pada masa kehamilan supaya anda bisa memberikan air susu secara memadai dan berkwalitas kepada bayi anda, selain itu ibu yang menyusui juga membutuhkan asupan protein, cairan, kalsium, nutrisi dan makanan kaya vitamin yang cukup. Bagi seorang ibu hamil juga sangat penting untuk menjaga kehamilannya dengan makanan – makanan yang bergizi agar janin tumbuh dengan sempurna dan sehat hingga kelahirannya nanti.

Makanan apa saja yang harus di konsumsi oleh Ibu hamil dan Ibu yang sedang menyusui, semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada para ibu muda untuk menjaga kesehatannya selama masa – masa kehamilan dan masa – masa menyusui bayinya.

  • Pada Trisemester I :
    Pada umur kehamilan 1-3 bulan kemungkinan terjadi penurunan berat badan. Hal ini disebabkan adanya gangguan pusing, mual bahkan muntah. Untuk itu dianjurkan porsi makanan kecil tetapi sering. Bentuk makanan kering atau tidak berkuah.
  • Pada Trisemester II :
    Nafsu makan ibu membaik, makan makanan yang diberikan : 3 x sehari ditambah 1 x makanan selingan. Hidangan lauk pauk hewani seperti : telur, ikan, daging, teri, hati sangat baik dan bermanfaat untuk menghindari kurang darah.
  • Pada Trisemester III : 
    – Makanan harus disesuaikan dengan keadaan badan ibu.
    – Bila ibu hamil mempunyai berat badan kelebihan, maka makanan pokok dan tepung-tepungan dikurangi, dan memperbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan segar untuk menghindari sembelit. Bila terjadi keracunan kehamilan/uedem (bengkak-bengkak pada kaki) maka janganlah menambah garam dapur dalam masakan sehari-hari.

Catatan untuk  ibu hamil 

  1. Ibu hamil harus makan dan minum lebih banyak dari pada saat tidak hamil.
  2. Untuk mencegah kurang darah selama hamil ibu harus banyak makan makanan sumber zat besi, seperti sayuran hijau tua, tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah dan kacang-kacangan lainnya, telur, ikan, dan daging.
  3. Jangan lupa minum tablet tambah darah 1 butir setiap hari.
  4. Untuk mencegah gigi rontok dan tulang rapuh, ibu hamil harus banyak makan-makanan sumber zat kapur, seperti : kacang-kacangan, telur,ikan teri/ikan kecil yang dimakan bersama tulangnya, sayuran daun hijau.
  5. Kenalilah gejala kurang darah (Anemia) selama kehamilan, yaitu : pucat, pusing, lemah dan penglihatan berkunang-kunang.
  6. Selama hamil makanlah beraneka ragam makanan dalam jumlah yang cukup.
  7. Bila nafsu makan ibu kurang, makanlah makanan yang segar-segar, seperti : buah-buahan, sari buah, sayur bening, dsb.
  8. Hindari pantangan terhadap makanan, karena akan merugikan kesehatan ibu.
  9. Hindari merokok dan minum-minuman keras karena akan membahayakan keselamatan ibu dan janin.
  10. Jangan lupa memeriksakan diri kepada bidan atau Puskesmas secara teratur, agar ibu dan kandungannya tetap sehat.

Berikut ini adalah rangkuman dan daftar berbagai macam makanan sehat dan bergizi yang sangat baik untuk anda konsumsi selama masa kehamilan,

* *Sereal gandum*

Oat atau butiran gandum sudah terbukti memiliki kandungan energi serta serat alami yang sangat baik bagi kandungan. Gandum yang diolah dalam sereal dengan berbagai rasa yang tersedia sangat cocok dikonsumsi sebagai menu sarapan ibu hamil. Kandungan vitamin B, karbohidrat, mineral, dan kalsium di dalamnya akan menjadi sumber energi bagi ibu hamil dan mengurangi rasa mual.

* *Susu untuk ibu hamil*

Kandungan nutrisi lengkap berupa protein dan kalsium yang tinggi dalam susu ibu hamil akan membuat janin anda berkembang dengan baik. Jaringan-jaringan baru pada bayi akan tumbuh dengan baik, begitu pula dengan asupan oksigen yang diterima janin, serta merangsang pembentukan otot pada bayi.

* *Aneka Sayur – sayuran dan buah – buahan Segar *

Kandungan dengan usia 1-3 bulan membutuhkan asupan vitamin C yang memadai, agar system imunitas ibu dan janin terjaga dengan kuat serta kemungkinan terjadinya infeksi. *Makanan sehat untuk ibu hamil muda* yang kaya akan zat besi seperti bayam akan membuat ibu hamil jauh dari gejala anemia serta dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah.

* *Kacang – Kacangan*

Jika ibu menyukai olahan kacang hijau, seperti bubur kacang hijau akan sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya mengandung vitamin B dan asam folat. Selain itu kacang-kacangan juga berguna untuk mengembangkan syaraf-syaraf pada janin.

* *Aneka Ikan dan Makanan Laut*

Ibu hamil bisa mengkonsumsi ikan yang memiliki kadar gizi tinggi seperti salmon. Kandungan gizi yang tinggi dan kaya akan omega 3 membuat  otak janin semakin pesat. Namun, ibu juga perlu waspada karena banyak beredar ikan – ikan dan makanan laut yang mengandung merkuri atau bahan pengawet lainnya yang akan berbahaya untuk janin.

* *Aneka Vitamin Atas Rekomendasi Resep Dokter*

Terdapat berbagai macam jenis vitamin yang perlu dikonsumsi dengan kebutuhan berbeda setiap orang. Bagi anda ibu hamil, sebaiknya sebelum memutuskan satu jenis vitamin untuk dikonsumsi alangkah baiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kandungan anda.

Berikut daftar aneka makanan bergizi yang akan banyak manfaatnya bagi ibu menyusui :

1. Susu dan telur
Menyusui membutuhkan banyak energi dan nutrisi, sehingga meningkatkan asupan kalsium adalah bagus utk mempromosikan kesehatan tulang. Bayi Anda sangat bergantung pada ASI utk memperoleh asupan kalsium utk membantu pertumbuhan tulang mereka. Utk memenuhi kepentingan kalsium harian Anda, penting utk memasukkan produk susu yg kaya akan kalsium kedalam diet Anda. Asupan kalsium yg cukup setiap hari akan membantu memperkuat tulang bayi dan mencegah kelemahan tulang yg disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium selama kehamilan.

2. Buah Jeruk
Ibu menyusui membutuhkan banyak energi supaya tubuh mereka selalu segar dan vit. Jeruk ialah sumber alami vitamin C,yaitu vitamin yg juga terdapat dalam ASI.Ibu menyusui yg memperoleh vitamin C dari makanan alami umumnya aman,serta tidak memerlukan suplemen tambahan lagi.Bayi akan mendapatkan asupan vitamin C yg sangat mereka butuhkan dari ASI.

3. Alpukat
Buah yg lembut dan lezat yg disebut alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, bermanfaat menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah ibu menyusui.Alpukat yg dikonsumsi ibu menyusui juga bermanfaat utk mendukung perkembangan otak dan mata bayi mereka.

4. Buah beri
Buah ini amat kaya akan antioksidan penting,serat,dan fitonutrisi penting dan bisa membantu memudahkan BAB pada bayi ibu pasca kehamilan.

5. Kacang-kacangan
Asupan zat besi ibu akan diteruskan ke bayi mereka melalui ASI,jadi ibu perlu memastikan tingkat zat besi mereka cukup utk menghindari anemia.Kacang hitam merupakan sumber nutrisi yg baik utk ibu menyusui.Sementara itu jenis kacang-kacang polong mengandung jenis bakteri sehat dan enzim yg membantu pencernaan.Daging merah dan ayam juga sumber makanan yg baik utk mendapatkan asupan zat besi.Selain zat besi,kacang-kacangan juga memberikan vitamin,protein,serat,lemak tak jenuh tunggal yg baik bagi bayi,dan antioksidan.

6. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau ialah sumber vitamin dan nutrisi yg baik seperti vitamin A,kalsium, vitamin C,dan zat besi.Bayam dan brokoli mempunyai kadar vitamin A yg tinggi, bermanfaat bagi bayi–bahkan mengurangi tingkat efek kematian mereka.

7. Bijian
Bijian mengandung asam folat,yaitu nutrisi yg penting utk pertumbuhan sel dan pertumbuhan bayi serta memulihkan kondisi ibu setelah kehamilan dan melahirkan. Meskipun asam folat ada dalam ASI,namun penggunaan suplemen selama menyusui harus diawasi oleh dokter ahli.

8. Ikan Salmon Atau ikan Sarden
Makanan yg kaya akan DHA (docosahexaenoic acid) dianggap sehat utk diet menyusui karena banyak mengandung omega 3.Ikan Salmon atau sarden bisa membantu meningkatkan pertumbuhan otak bayi,namun disarankan tidak mengkonsumsinya lebih dari 12 ons selama 1 minggu.

Selanjutnya untuk memperoleh produksi ASI yang melimpah, anda juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi, terutama makanan yang dapat memperlancar dan meningkatkan produksi ASI.

Berikut ini Daftar makanan penambah produksi ASI :

1. Bawang putih
Bawang putih juga dikatakan dapat membantu meningkatkan pasokan ASI.Meskipun bawang putih bisa dimakan mentah, Anda mungkin hanya akan merasa lebih berselera jika digunakan sebagai bumbu.
2. Daun Katuk
Daun katuk dipercaya dari sejak zaman dahulu secara turun temurun oleh nenek buyut kita untuk memperlancar produksi ASI. Daun katuk ini pun sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh beberapa orang yang merasa ASInya kurang banyak atapun tidak lancar. Daun katuk sangat banyak sekali manfaatnya dan kaya akan Zat Gizi ataupun Nutrisi. Cara Memasaknya bisa dijadikan lalab ataupun ditumis.
3. Bayam
Sayuran hijau ini merupakan cara tradisional untuk meningkatkan suplai susu. Tidak hanya menyediakan gizi yang cukup akan tetapi sayuran mampu dicerna. Bayam merupakan sumber mineral dan vitamin serta phytoestrogen yang diyakini untuk meningkatkan laktasi. Bayam kaya akan kandungan vitamin B6, protein, thiamin, asam folat kalsium, kalium dan Vitamin yang dibutuhkan tubuh. Vitamin B6 akan dalam menyediakan perse ian produksi ASI anda. Selain itu bayam merupakan sumber asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk ibu menyusui.
4. Pepaya 
Pepaya dapat meningkatkan jaringan pada payudara dan tentunya dapat meningkatkan produksi ASI. Kualitas menenangkan yang ada dalam papaya juga dapat membuat ibu menyusui tetap tenang dan rileks.
5. Perbanyak minum air putih
Minumlah 10-12 gelas air putih sehari, karena tubuh membutuhkan cairan untuk memproduksi ASI.

Apa sih yang menyebabkan ASI keluar sedikit ? Secara umum penyebabnya ada beberapa, yaitu:

* Terjadinya Sumbatan Pada Saluran Susu
* Akibat Faktor Gen atau Keturunan
* Karena kurangnya nutrisi atau asupan gizi yang dimakan oleh ibu sehingga air susu keluar hanya sedikit
* Akibat gaya hidup ibu yang kurang sehat sehingga produksi ASI sedikit
* Ibu memiliki suatu penyakit sehingga air susunya tidak keluar contohnya penyakit kanker
* Terjadinya penyumbatan pasca operasi
* Kecilnya kapasitas penyimpanan ASI (tidak ada hubungannya dengan besar payudara)

Masih banyak lagi loh hal lain yang dapat menyebabkan ASI tidak Keluar, anda jangan putus asa, karena anda masih tetap bisa mengusahakan ASI Tapi  untuk sang buah hati. beberapa cara berikut dapat anda lakukan untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI, cara tersebut adalah:

  1. Bunda harus punya motivasi yang kuat ataupun keinginan yang kuat untuk menyusui bayi
  2. Cukup istirahat, rileks dan hindarilah stress karena stres diketahui sangat mempengaruhi refleks mengeluarkan susu dan bahkan memproduksi susu, jadi ide yang baik dem sang buah hati bunda adalah dengan mencoba untuk sering bersantai.
  3. Susuilah bayi sesering mungkin, hal ini sangat penting sekali untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI. Karena dengan seringnya kita menyusui bayi kita, maka akan merangsang hormon untuk memproduksi ASI
  4. Jangan menggunakan BH atau Bra yang sempit karena akan menghambat peredaran darah
  5. Memompa ASI merupakan salah satu cara memperbanyak ASI. Gunakan pompa setiap kali selesai menyusui. Jangan pedulikan berapa banyak ASI yang kita dapat, karena tujuan memompa adalah untuk memberikan rangsangan dan simulasi pada payudara.
  6. Setelah bayi lahir segera perkenalkan bayi dengan ASI contohnya dengan cara IMD

 

Buat Anda yang ingin mendapatkan suplemen terbaik untuk kebutuhan nutrisi terbaik untuk ibu hamil dan menyusui , suplemen terbaik ada pada produk UNIHEALTH . Silahkan langsung order dan pesan ke CS kami via TELPHON/WA/SMS/BBM!

%d bloggers like this: